Minggu, 11 Desember 2011

REFLEKSI KELOMPOK 3 & 4

PEGARUH CAHAYA DAN SUHU TERHADAP PROSES PERTUMBUHAN TANAMAN(LINGKUNGAN (ABIOTIK)
Presentasi pada hari senin tanggal 5 desember 2011 yang di sampikan kelompok tiga yaitu teman saya yaitu Eka Rahma, Veni, dan priska dimana dalam proses penyampaian materi ketiga teman saya menjelaskan mengenai lingkungan abiotik yang mempunyai pengertian Segala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup yang bukan berupa organisme dimana komponen abiotik yaitu komponen yang tidak bernyawa seperti matahari, suhu, tanah , udara, dll pengertian diatas disampaikan teman saya yang benama eka, tetapi setelah Veni menjelaskan materi yang telah disajikan oleh kelompoknya saya yang berada didepan malah bercanda dengan pak husamah sehingga dalam penyampaian materi yang di bawakan veni saya tidak bisa begitu focus, tetapi ada yang saya ambil materi sedikit yaitu tentang pembagian tentang peranan cahaya pada tumbuhan yang dibagi menjadi beberapa bagian yaitu : fotoperiodism, fotoenergetic, fotomorfogenesis, dan fototropisme. Dan yang sangat berkesan ketika teman saya menjelaskan mengenai video yang menjelaskan Fotoenergetic dimana dijelaskan suatu proses yang hanya terjadi pada tumbuhan yang berklorofil dan bakteri fotosintetik, dimana energi matahari (dalam bentuk foton) ditangkap dan diubah menjadi energi kimia (ATP dan NADPH). Sehingga saya membayangkan betapa besar kekuasaan allah yang belum kita sadari yang terdapat pada tumbuhan matahari dimana bungganya membelok kearah datangnya matahari. Sehingga setelah saya mendapatkan materi yang di sampaikan. Saya mengerti banyak hal yang belum saya ketahui tentang tumbuhan. Selain itu juga pertama kali ini saya melihat kelemahan pak husamah yang secara terang – terangan meminta video kelompok 3 yang katanya sangat bagus. Dan yang terakhir saya ingat tentang materi Kerusakan tanaman terhadap suhu ekstrim yang telah di bagi menjadi 4 bagian yaitu : Sufokasi (suffocation), Desikasi (desiccatio) , Heaving, Chilling.
KELOMPOK 4
ATMOSFER DAN AIR SEBAGAI LINGKUNGAN ABIOTIK YANG MEMPENGARUHI EKOLOGI TUMBUHAN
Dari kelompok 4 yang telah disampaikan teman saya yang bernama, eka, anik, finda, dan cantika dimana kelompok ini menjelaskan mengenai Atmosfer bertindak sebagai pelindung kehidupan di bumi dari radiasi matahari yang kuat pada siang hari dan mencegah hilangnya panas keruang angkasa pada malam hari. Selain itu kelompok ini menjelaskan tentang lapisan Atmosfer yang terdiri dari Troposfer , Stratosfer, Mesosfer, Thermosfer, Eksosfer. Selain itu juga kelompok ini menjelaskan dengan video mengenai proses terjadinya hujan. Tetapi saya tidak mengerti apa yang di video tersebut karena saya dari awal sudah tertawa dengan lagunya yang memakai lagu DORAEMON sehingga saya tidak focus untuk melihat keterangan terjadinya hujan tetapi fukus dengan mendengarkan lagunya. Saran saya dalam system pembelajatan jangan kita memberikan hal – hal yang membuat peserta didik tidak mendengarkan pematerinya tetapi malah fokos dengan lagu yang sangat lucu tersebut. Tetapi yang bisa saya ambil dari kelompok ini adalah siklus hidrologi terus bergerak secara kontinue dalam tiga cara yang berbeda: yaitu Evaporasi / transpirasi - Air yang ada di laut, di daratan, di sungai, di tanaman, dsb. kemudian akan menguap ke angkasa (atmosfer) dan kemudian akan menjadi awan, Infiltrasi, dan Air Permukaan - Air bergerak diatas permukaan tanah dekat dengan aliran utama dan danau, makin landai lahan dan makin sedikit pori-pori tanah, maka aliran permukaan semakin besar. Selain itu juga video yang diterangkan mengenai atmosfer sangat bagus sekali sehingga saya mengetahui secara jelas dan memahami juga tentang atmosfer. Yang sangat berkesan yaitu ricuhnya suasana diskusi ketika hendy melontarkan sebuah pertanyaan yang dilontarkan kepada kelompok 4 tetapi dengan bantuan bapak husamah untuk memahami makalah kelompoknya . sehingga saudari ika bisa menjelaskan apa yang di tanyakan oleh saudara hendy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar